Karakteristik
konsumen Indonesia
Konsumen , kita sering kali mendengar kata konsumen dalam
kehidupan sehari-hari . Konsumen itu sendiri adalah setiap orang pemakai barang
dan atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri
sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk
diperdagangkan . Sedangkan pengertian dari Perilaku Konsumen itu sendiri adalah
proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari
konsumen ketika membuat keputusan untuk membeli suatu barang . Biasanya
konsumen yang ingin membeli barang berharga jual rendah (low-involvement)
proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah tanpa banyak pertimbangan ,
sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses
pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang lebih matang dan
banyak pertimbangan .
Di Indonesia terdapat
beberapa ciri-ciri perilaku konsumen yang unik antara lain :
1.
Memiliki Memori Jangka Pendek.
Konsumen
Indonesia biasanya tidak memikir jangka panjang ketika ingin membeli suatu
barang misalnya kegunaan dari barang yang akan di belinya .
2.
Tidak Memiliki Perencaaan.
Konsumen
Indonesia biasanya menyukai segala sesuatu yang instan . Yang bentuknya menarik
dan lucu pasti dibeli .
3.
Suka Berkumpul
Konsumen
Indonesia suka berkumpul , apalagi ketika zaman sekarang sudah ada facebook ,
twitter yang sangat diminati . Dan kalau membeli barang sukanya rame-rame ,
satu membeli yang lain juga ikutan membeli tanpa perencaan dan berpikir panjang
4.
Gaptek
Konsumen Indonesia cenderung tidak mengerti teknologi . mereka hanya mau yang serba instan saja dan tidak merepotkan .
Konsumen Indonesia cenderung tidak mengerti teknologi . mereka hanya mau yang serba instan saja dan tidak merepotkan .
5.
Mengutamakan Konteks, Bukan Konten
Konsumen
Indonesia lebih mengutamakan konteksnya misalnya tampilan luarnya yang lebih
menarik dari pada kontennya dan yang penting cepet dan instan . Contohnya
makanan junk food lebih banyak dinikmati pada zaman sekarang daripada makanan
tradisional yang jelas-jelas lebih sehat .
6.
Suka Buatan Luar Negeri
Konsumen
Indonesia cenderung menggunakan barang yang ber-merk Luar Negeri dari pada
buatan asli Indonesia . Padahal kualitasnya tidak jauh bagus dari buatan Luar
Negeri . Makanya banyak produsen yang memalsukan merk .
7.
Beragama dan Supranatural
Konsumen
di Indonesia memilih makanan yang ada simbol halalnya dan hal-hal yang alami .
8.
Pamer dan Bergengsi
Konsumen
Indonesia cenderung menempatkan gengsi dan gaya hidup sebagai prioritas nomor
satu. Hal ini dapat dilihat dari bagaimana tetap larisnya penjualan mobil mewah
di Indonesia meskipun kondisi ekonomi global sedang terpuruk. Penyebab
“penyakit” gengsi ini salah satunya adalah karena masyarakat kita masih
mengukur kesuksesan dengan banyaknya materi dan jabatan yang dimiliki .
9.
Kekuatan Sub Culture
Adat
istiadat masih kuat di daerah-daerah Indonesia . Contohnya ketika orang ingin
pergi ke acara pernikahan rata-rata orang menggunakan batik sebagai kustumnya .
10.
Kesadaran
Terhadap Lingkungan Rendah
Konsumen yang kurang sadar terhadap
lingkungan adalah cermin perilaku yang tidak baik . Isu terhadap
lingkungan sangat cepat menyebar apalagi di kalangan menengah atas.
Faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumen
Faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah kebudayaan, faktor sosial, pribadi,
psikologis. Adapun penjelasannya sebagai berikut:
a.
Faktor kebudayaan
Kebudayaan merupakan penentu keinginan dan perilaku yang
paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi, preferensi dan perilaku dari
lembaga-lembaga penting lainnya.
b.
Faktor social
Kelas sosial merupakan pembagian masyarakat yang relatif
homogen dan permanen yang tersusun secara hierarkis dan yang anggotanya
menganut nilai-nilai, minat, dan perilaku yang serupa.
c.
Faktor pribadi
Faktor pribadi didefinisikan sebagai karakteristik
psikologis seseorang yang berbeda dengan orang lain yang menyebabkan tanggapan
yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan.
d.
Faktor psikologis
Faktor psikologis sebagai bagian dari pengaruh lingkungan
dimana ia tinggal dan hidup pada waktu sekarang tanpa mengabaikan pengaruh
dimasa lampau atau antisipasinya pada waktu yang akan datang.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://kumpulan-artikel-bisnis.blogspot.com/2011/12/10-ciri-ciri-perilaku-konsumen.html purwokosurianto.wordpress.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Konsumen
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://kumpulan-artikel-bisnis.blogspot.com/2011/12/10-ciri-ciri-perilaku-konsumen.html purwokosurianto.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar