Jumat, 12 Oktober 2012

contoh kasus dari tipe-tipe pengambilan keputusan

nama: maya nurlita
kelas: 3ea14
npm: 14210291

Contoh kasus dari tipe-tipe dalam pengambilan keputusan
·         Proses pengambilan keputusan kenaikan harga BBM oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
            Jika berbicara tentang BBM (bahan bakar minyak) yang mempengaruhi hajat hidup manusia banyak, tentunya proses pengambilan keputusan yg DPR lakukan akan sangat alot prosesnya,  pengambilan keputusan harus melalui sidang paripurna dikarenakan pada rapat sebelumnya dengan badan anggaran ( Banggar) tidak menemukan titik temu, ada beberapa alternatif yg mungkin di ambil oleh pihak yg pro maupun yg kontra antara lain kenaikan harga bbm karena subsidinya di kurangi, atau kebijakan ekonomi dalam negeri / fiskal.
            Apapun keputusan yg akan di ambil DPR seharusnya mewakili Kepentingan Orang-Orang yang akan terlibat / terpengaruhi, jangan sampai keputusan yg di buat itu hanya mewakili kepentingan pribadi atau strategi organisasi tertentu.
·         Contoh Dari Tipe – Tipe Pengambilan Keputusan (Dalam bentuk cerita)

            Pada tahun 1979 teori Krumboltz, berdasarkan teori pembelajaran sosial Albert Bandura (1977), diperkenalkan. Meskipun ide Bandura mengenai perolehan perilaku telah berubah sampai pada beberapa tingkat tertentu (contoh, Bandura, 1986), Krumboltz tidak membuat perubahan yang berarti dalam teorinya. perbedaan antara teori-teori yang berasal dari teori pembelajaran dan teori kepribadian-dan-faktor adalah teori tersebut tidak begitu memperhatikan peran kepribadian, seperti minat dan nilai-nilai, dalam proses pengambilan keputusan karir. tetapi lebih memfokuskan pada proses pembelajaran yang mengarahkan pada keyakinan dan minat diri serta bagaimana hal ini mempengaruhi proses pengambilan keputusan karir. Teori tersebut juga berbeda dari aliran perkembangan(developmentalist) dalam beberapa aspek intinya, yaitu bahwa mereka tidak menimbang tingkat perkembangan. Teori-teori pembelajaran percaya bahwa karena banyaknya faktor yang melingkupi pilihan dan penyesuaian karir telah dipelajari, teori mereka harus menghitung proses pembelajaran yang mengarahkan terhadap tercapainya keyakinan dan sikap kritis terhadap proses pengembangan karir.

Teori Pembelajaran Sosial Krumboltz

            Krumboltz (1979,1996) dan Mitchell dan Krumbotz (1984, 1990, 1996) menggambarkan teori pembelajaran sosial tentang pilihan karir berdasarkan teori perilaku Bandura (1977) dan lainnya, menekankan pada teori reinforcement (dorongan). Krumboltz mengidentifikasi empat faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan karir:
1)       Pengaruh gen dan kemampuan khusus. Krumboltz mengenali bahwa karakteristik keturunan tertentu dapat membatasi seseorang, sebagaimana Tiedman juga mengidentifikasi kondisi biologis, beberapa contohnya adalah, ras, jenis kelamin, dan penampilan fisik. faktor-faktor lain dimana keturunan, setidak-tidaknya sebagian, bisa membatasi. Termasuk juga berbagai kemampuan khusus, seperti kecerdasan, kemampuan musik dan seni, dan koordinasi fisik.

2)       Kondisi-kondisi dan peristiwa lingkungan. Termasuk dalam faktor ini adalah pengaruh-pengaruh yang mungkin berada di luar kontrol seseorang tetapi menunjang individu melalui lingkungan dimana individu tersebut tinggal. Beberapa pengaruh mungkin sintetis dalam arti luas; beberapa pengaruh lain mungkin disebabkan kekuatan alam. Manusia atau elemen alam semacam ini bisa menyebabkan terjadinya peristiwa yang membebani individu dalam pendidikan dan proses keputusan karir. contoh pengaruh semacam ini adalah adanya kesempatan kerja dan pelatihan, kebijakan sosial, dan prosedur untuk memilih pelatih atau pekerja, nilai balasan dari berbagai jabatan, tenaga kerja, hukum serta peraturan persatuan pekerja, peristiwa fisik seperti gempa bumi dan banjir, adanya sumber daya alam, pengembangan tehnologi, perubahan dalam organisasi sosial, pengalaman pelatihan dan sumber daya keluarga, sistem pendidikan, dan pengaruh lingkungan dan komunitas.

3)        Pengalaman belajar. Seluruh pengalaman belajar sebelumnya mempengaruhi pendidikan dan pengambilan keputusan karir seseorang. Setelah Krumboltz mengenali serumitan proses pembelajaran, dia mengidentifikasi hanya dua tipe pembelajaran sebagai contoh: pengalaman pembelajaran instrumental dan pengalaman belajar asosiatif. Dia menggambarkan pengalaman pembelajaran instrumental sebagai situasi dimana individu mematuhi lingkungan untuk menciptakan beberapa konsekuensi tertentu. Pengalaman pembelajaran asosiatif digambarkan sebagai situasi dimana individu belajar dengan cara bereaksi terhadap stimulus dari luar, dengan cara mengamati langsung atau model buatan, atau dengan mencocokkan dua kejadian dalam satu waktu atau lokasi.

4)       Keahlian-keahlian pendekatan tugas. Keahlian-keahlian yang digunakan individu pada setiap tugas atau permasalahan baru dinamakan keahlian-keahlian pendekatan tugas. Termasuk dalam contoh ini adalah standar performa dan nilai; kebiasaan kerja, latihan simbolik, pengkodean, dll. Penggunaan keahlian-keahlian ini mempengaruhi hasil dari setiap tugas atau masalah dan akibatnya dibatasi oleh hasil-hasilnya.

Kesimpulannya, individu dilahirkan ke dunia dengan karakteristik generik tertentu: ras, jenis kelamin, dan kemampuan atau ketidakmampuan khusus. Seiring dengan berjalannya waktu, individu mengahadapi peristiwa-peristiwa dan kondisi lingkungan, ekonomi, sosial dan budaya. Kesuksesan-kesuksesan dan kegagalan-kegagalan yang tumbuh dalam kondisi ini mempengaruhi individu dalam memilih serangkaian tindakan dalam pengalaman-pengalaman pembelajaran selanjutnya, meningkatkan kecenderungan untuk membuat pilihan serupa dengan yang telah dilakukan yang mengarahkan kepada kesuksesan dan menghindari pilihan-pilihan serupa yang mengakibatkan kegagalan. Proses ini dipesulit dengan aspek ketidakstabilan karena indiviu berubah sebagai hasil dari serangkaian pengalaman belajar yang terus berlanjut, dan situasi juga berubah karena dinamika kondisi-kondisi lingkungan, budaya dan sosial.

            Status dan Kegunaan Teori Krumboltz teori Krumboltz (Krumboltz, 1996; Mitchell & Krumboltz, 1996) hanya menarik perhatian sebagian kecil peneliti dan praktisi meskipun banyak yang merekomendasikannya. Teori ini cukup atraktif sebagai dasar konseling karir. dia menolak gagasan tradisional bahwa tujuan konseling karir adalah untuk memilih pekerjaan berdasarkan karakter personal pembuat keputusan. Tetapi, dia menyarankan bahwa tujuannya adalah untuk memfasilitasi perolehan pengetahuan tentang diri dan skill yang dibutuhkan untuk menangani dunia yang selalu berubah yang dipenuhi dengan ketidakpastian. Dia mengembangkan Career Beliefs Inventory (Krumboltz, 1991) dan buku catatan yang menyertainya (Levin, Krumboltz, & Krumboltz, 1995) untuk membantu pembaca mengidentifikasi keyakinan mereka dan memadukannya dengan minat mereka. Menurut Krumboltz, Individu yang tidak belajar untuk mengambil keuntungan dalam kesempatan pembelajaran yang diberikan kepada mereka dalam pelatihan dasar berkelanjutan cenderung untuk membuat keputusan tidak bagus. Yang paling penting, konseling karir harus menyiapkan klien untuk mengenali dan mengambil keuntungan dari kesempatan pembelajaran yang diberikan pada mereka. Konseling karir harus dilakukan dengan empat pertimbangan.

1)       Para klien harus siap untuk mengembangkan pengetahuan dan keahlian mereka dibandingkan keadaan mereka ketika pertama kali mereka masuk proses konseling. Konselor karir harus membantu klien untuk memetakan status mereka dan memberikan garis besar rencana untuk perubahan dan pengembangan. Dengan adanya rencana untuk berubah. Para klien mengembangkan struktur kesempatan mereka.

2)       Para klien harus siap dengan sebuah kondisi umum pekerjaan yang sedang berubah.

3)       Meskipun diagnosa permasalahan pengembangan karir saat ini adalah sebuah langkah dalam proses konseling karir, hal ini tidak cukup. Para klien harus didorong untuk menghadapi tekanan dunia yang selalu berubah.

4)       Para konselor karir harus lebih fokus dan membantu klien menangani serangkaian masalah pekerjaan yang mereka hadapi. Klien harus memahami nilai dan hal yang memuaskan mereka. Mereka harus meraih kontrol hidup mereka, untuk mampu menangani permasalahan di tempat kerja, termasuk bagaimana maju di tempat kerja dan rencana untuk berhenti.

1 komentar:

  1. Hei friend, karena kita ini mahasiswa gundar, tolong ya blognya di kasih link UG, seperti www.gunadarma.ac.id, Studentsite studentsite.gunadarma.ac.id dan lain lain karna link link tersebut mempengaruhi kriteria penilaian mata kuliah soft skill

    Selain itu, Yuk ikut lomba 10 kategori lomba khusus bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Edisi Desember 2012 ini diperuntukan bagi mahasiswa S1 dan D3. Tersedia 100 pemenang, atau 10 pemenang untuk setiap kategori. link http://studentsite.gunadarma.ac.id/news/news.php?stateid=shownews&idn=755

    Oh iya, kalian nggak mau ketinggalan kan untuk update terhadap berita studentsite dan BAAK, maka dari itu, yuk pasang RSS di Studentsite kalian...untuk info lebih lanjut bagaimana cara memasang RSS, silahkan kunjungi link inihttp://hanum.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.5

    makasi :)

    BalasHapus